Nggak terasa sekarang aku udah semester 6, cepet banget ni waktu. Padahal, masih inget banget waktu ospek dulu. Alhamdulillah...
Nah, di semester 6 ini, ada mata kuliah namanya micro teaching. buat latihan ngajar karena ntar bakalan jadi guru kan..dan tugasnya tu suruh buat RPP ato Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Di dalem RPP tu harus ada yang namanya Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Soalnya itu udah jadi ketentuan di dalem Permendiknas nomor 41 tahun 2007.Tapi kenyataannya sekarang masih banyak aja guru-guru yang buat RPP tapi nggak ada Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasinya. Sayang banget tuh...
Di bawah ini adalah contoh tugasku yang sengaja aku posting, mohon bimbingannya bagi yang udah expert buat RPP, soalnya aku ngerasa masih banyak banget kesalahan dalam pembuatannya, maklum masih belajar... :D
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH : ----------------------
MATA PELAJARAN :
Bahasa Indonesia
KELAS :
XI
SEMESTER :
1
TAHUN PELAJARAN :
2011/2012
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Membaca: memahami ragam
wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring.
B.
KOMPETENSI
DASAR :
Menemukan
perbedaan paragraf induktif, deduktif dan campuran melalui kegiatan membaca intensif.
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Paragraf yang berpola deduktif, induktif dan campuran:
·
Pengertian
paragraf deduktif, induktif dan campuran.
·
Pengertian
kalimat utama.
·
Pengertian
kalimat penjelas.
·
Ciri paragraf deduktif, induktif dan campuran.
·
Contoh
paragraf deduktif, induktif dan campuran.
D.
INDIKATOR
:
· Menemukan kalimat yang mengandung
gagasan utama pada paragraf.
· Menemukan kalimat penjelas yang mendukung
gagasan utama.
· Mengidentifikasi ciri paragraf induktif, deduktif
dan campuran.
E.
ALOKASI
WAKTU :
1 x 10 menit
F.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui metode diskusi kelompok peserta didik
dapat:
·
Menentukan
kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf.
·
Menentukan
kalimat penjelas atau kalimat pengembang yang mendukung gagasan utama.
·
Menemukan
paragraf induktif dan deduktif berdasarkan ciri-cirinya.
·
Mengidentifikasi
ciri paragraf induktif dan deduktif.
G.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Buku yang terkait dengan paragraf induktif, deduktif dan campuran
·
Artikel
·
Powerpoint
materi
H.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Diskusi kelompok
I.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal
Apersepsi :
§
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran hari ini.
§ Siswa diberi pengertian awal tentang
paragraf deduktif, induktif dan campuran
§ Peserta didik mencermati kegiatan
pembelajaran.
Memotivasi
:
§ Memotivasi akan pentingnya memahami
cara menemukan perbedaan paragraf induktif, deduktif dan campuran melalui
kegiatan membaca intensif.
§ Membaca paragraf di artikel untuk mengidentifikasi
bentuk paragraf.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
pada peserta didik mengenai paragraf deduktif, induktif dan campuran.
·
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari.
·
Guru memfasilitasi peserta didik untuk dapat menemukan berbagai macam
bentuk paragraf yang terdapat dalam artikel.
·
Peserta
didik membaca
artikel yang
di dalamnya terdapat paragraf berpola deduktif, induktif dan campuran.
·
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
·
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran
Elaborasi
·
Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
·
Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
·
Guru
memerintahkan peserta didik untuk mengidentifikasi bentuk paragraf dari artikel
yang telah dibagi.
·
Guru memerintahkan
peserta didik untuk mengidentifikasi ciri paragraf
induktif, deduktif
dan campuran.
·
Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan yang dilakukan baik lisan
maupun tertulis, secara kelompok.
Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta
didik melalui berbagai sumber.
·
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna
dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif
Kegiatan Akhir
·
Guru bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.
·
Guru melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
·
Guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·
Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
J.
PENILAIAN
:
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Menemukan kalimat utama sebuah paragraf
dari artikel
· Menemukan kalimat penjelas sebuah
paragraf dari artikel
· Mengidentifikasi bentuk paragraf dari
artikel
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Tunjukkan gagasan penulis yang terdapat
di dalam suatu artikel/buku!
§ Tulislah sebuah paragraf mengenai ...
yang berisi kutipan/pendapat dari seorang ahli!
|
Pedoman penskoran :
1.
Jelaskan macam-macam bentuk paragraf yang terdapat di dalam suatu artikel!
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam bentuk paragraf dari artikel.
|
4
|
Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam bentuk paragraf namun tidak mampu
menjelaskan.
|
2
|
Peserta didik tidak mampu mengidentifikasi macam-macam bentuk
paragraf dari artikel
|
0
|
kalau cara penilaian penulisan paragraf, gimana caranya?
BalasHapus